Selasa, 12 Mei 2009

bunga begonia



Begonia

Begonia mempunyai 1000-2000 hibrida. Ada berbagai cara pengklasifikasian begonia, Secara botani pengkasifikasian didasarkan pada bagian yang ada di dalam tanah terdiri dari kelompok rizoma, kelompok umbi akar dan kelompok umbi rambut. Khusus untuk tanaman hias begonia dikelompokkan menjadi Begonia berbunga indah dalam pot, Begonia berdaun indah dalam pot dan Begonia berbunga untuk tanaman bedengan.

Begonia Bunga Indah dalam Pot

Begonia tipe ini mempunyai bunga yang beraneka warna, bentuk dan ukuran. Kelompok ini didominasi oleh begonia berumbi, yang hampir semuanya dapat dikembangbiakkan dengan umbi. Tipe lainnya adalah Lorraine atau hibrida Cheimantha, begonia ini berbunga pada musim dingin, tumbuh hingga ketinggian 1,5 kaki dan mempunyai batang yang agak lemah. Untuk memperoleh tanaman bentuk perdu perlu dilakukan pemangkasan dengan cara memotes tanaman yang muda. Tipe ketiga adalah hibrida Elatior yang menjadi bintang dalam kelompok ini. Bentuknya mirip tipe Lorraine tetapi ukuran bunganya lebih besar.

Tips:

* Menyukai kondisi hangat dengan suhu minimal 55 F, maksimal 70 F
* Cahaya ternaungi
* Beri air secara teratur, tapi media jangan terus menerus lembab
* Pengkabutan secara teratur
* Perbanyakan dengan umbi

Tipe:

* Begonia tuberhybrida, begonia berumbi. Begonia berumbi adalah kelompok yang paling dominan, memiliki bunga tunggal, semi ganda maupun ganda dengan beraneka macam warna dan kombinasi warna. Batangnya mencapai ketinggian 1 kaki. Bunga jantan berukuran lebih besar dibanding bunga betina. Yang mempunyai bunga warna tunggal diantaranya Sugar Candy (merah muda pucat), Gold Plate (kuning), Guardsman (merah), dan Diana Wynward (putih). Yang memiliki warna kombinasi diantaranya Seville (kuning, tepi merah muda), Double Picoree (krim tepi merah).
* Begonia multiflora, bentuk mirip dengan Begonia tuberhybrida tapi ukurannya lebih kecil dan mempunyai lebih banyak bunga.
* B. tuberhybrida pendula = Begonia keranjang, mempunyai bunga tunggal dan semi ganda dengan warna putih, kuning, oranye, merah muda dan merah.
* B. sutherlandi, jenis begonia yang dapat tumbuh dengan biji, spesies ini tipe pertumbuhannya menjalar dengan panjang batang bisa mencapai 1-1,5 kaki dengan bunga warna tembaga.
* Hibrida Lorraine. Menghasilkan bunga yang berukuran kecil-kecil dalam jumlah banyak. Varietas yang ada diantaranya Gloire de Lorraine, hibrida F1nya Love Me (bunga warna merah muda) dapat berkembang biak dengan biji.
* Begonia elatior hibrida. Kelompok Begonia yang bentuknya padat dengan bunga yang banyak dan menyebar. Memiliki bunga tunggal dan ganda dengan warna-warna cerah. Varietas yang tersedia diantaranya Heidi (merah) Fire Glow (merah) Schwabenland (merah) Elfe (merah muda) Mandela (kuning) dan Marco (putih). Varietas Charisma mempunyai bunga ganda warna kuning bisa dikembang biakkan dengan biji.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar